Kegunaan Kulit Pada Sistem Ekskresi

Sehatisme – Keringat yang keluar dari tubuh manusia adalah salah satu cara ekskresi hasil metabolisme tubuh pada manusia. Keringat dibuat oleh kelenjar keringat yang terdapat pada lapisan dermis kulit. Produksi dan hal yang mempengaruhi produksi keringat akan di uraikan seperti berikut:

1. Produksi Keringat

Keringat diperoleh dari kelenjar yang tersebar di seluruh permukaan kulit. terdapat dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin.

  •  Ekrin (Eccrine) – Jenis kelenjar keringat ini ada di setiap bagian tubuh, Khususnya banyak di temukan pada telapak tangan dan kaki dan di dahi. Keringat yang di peroleh tidak mengandung protein dan lemak.
  •  Apokrin (Apoccrine) – Jenis kelenjar ini sekedar terdapat bagian tertentu dan mulai aktif ketika memasuki masa pubertas. Letaknya terdapat di sekitar ketiak, alat reproduksi kaum hawa serta alat reproduksi kaum adam terluar. Keringat yang diperoleh mengandung protein dan lemak.

keringat di produksi sebab rangsangan yang di peroleh dari kegiatan fisik, keadaan emosional, iklim yang panas, atau rangsangan melalui saraf. Ketika rangsangan di peroleh, maka kelenjar akan mengeluarkan keringat primer yang serupa dengan plasma. cairan keringat terbuat dari cairan diantara sel sel yang di ambil dan kapiler darah. Ketika suhu rendah, aliran keringat melambat memungkinkan sel sel menyerap kembali air, natrium dan klorida.

Hasilnya keringat yang diperoleh lebih sedikit dan mengandung sedikit natrium dan klorida. Sementara itu ketika suhu sedang tinggi, biasanya ketika melakukan aktivitas fisik, aliran keringat lebih cepat. akibatnya penyerapan air dan mineral terganggu. Keringat yang di hasilkan juga jumlahnya lebih banyak. Pada kelenjar keringat apokrin, cairan keringat juga tercampur dengan protein dan lemak. akibatnya keringat yang di peroleh lebih pekat dan berwarna kekuningan. ini menjelaskan kondisi pakaian yang menguning di area ketiak.

2. Kegunaan Keringat

Seperti yang sudah di terangkan, keringat merupakan salah satu cara ekskresi pada manusia. Kulit membantu menyeimbangkan tubuh dengan membuang zat zat sisa dan bersifat racun keluar tubuh lewat keringat. zat sisa metabolisme dalam tubuh beredar dalam tubuh lewat sistem sirkulasi pada manusia.

Kelenjar keringat mengambil zat zat sisa seperti urea, amoniak serta zat lain yang beredar di dalam darah lalu mengeluarkanya dengan keringat. hal tersebut juga terjadi ketika manusia mengonsumsi minuman beralkohol. ketika kandungan alkohol melalui kapiler darah, kapiler melebar dan memungkinkan alkohol diserap oleh kelenjar keringat. Berikut ini fungsi dari keringat:

  •  Membuang zat sisa metabolisme
  • Mengeluarkan zat racun dari tubuh
  • mengatur suhu tubuh
  • Menjaga homeostasis tubuh.