Penyebab Perut Kembung Pada Bayi yang Harus Anda Ketahui

Bila bayi sering rewel tanpa ada sebab yang pasti, mungkin saja karna perutnya kembung. Ketahui pertanda serta kenali langkah mengatasinya.

Perut kembung pada bayi buat bayi tidak nyaman hingga dia jadi rewel serta seringkali menangis. Sesungguhnya kembung pada bayi umur 3 hingga 4 bln. yaitu hal yang lumrah, karna memanglah saluran pencernaannya belum juga berperan prima. Bersamaan menambahnya umur maka banyak hal yang harus anda ketahui disamping harus mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir, mereka akan seringkali alami perut kembung karna mulai coba makanan yang berlainan untuk pertama kalinya.

Di bagian perut memanglah ada gas atau udara, tetapi sebagai problem bila gas di dalamnya berlebihan. Pada anak yang semakin besar atau orang dewasa, gas itu bisa dengan gampang di keluarkan. Namun pada bayi, tidak semuanya bayi bisa dengan gampang keluarkan gas dari dalam perutnya, mereka memerlukan pertolongan untuk mengeluarkannya.

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi yang Harus Anda Ketahui

Tanda Perut Kembung pada Bayi

Apabila bayi mulai rewel serta menangis tanpa ada argumen yang pasti, coba untuk mengecek sisi perutnya. Bila perut bayi merasa agak keras, serta sekian kali buang angin, ini adalah tanda perut bayi kembung.

Terkecuali rewel serta menangis, cermati juga pergerakan bayi. Bila dia seringkali menggeliat serta melengkungkan punggungnya ke belakang, dan mengangkat ke-2 kakinya, dapat jadi tandanya kalau dia tengah rasakan kembung.

Langkah Menangani Perut Kembung pada Bayi

Ada cara-cara yang bisa dikerjakan untuk menangani perut kembung pada bayi. Pertama, tempatkan bayi di kasur dengan tempat tidur

Anda dapat juga menghindar timbulnya perut kembung pada bayi. Langkahnya, sesudah bayi minum susu, gendonglah bayi dengan tempat terlentang, angkat ke-2 kakinya serta pergerakan seperti tengah mengendarai sepeda. Pergerakan ini bisa menolong keluarkan gas dari perut bayi.

Langkah yang lain yang bisa Anda kerjakan yaitu dengan memijat perlahan-lahan perut bayi dengan pergerakan searah jarum jam. Sama dengan pergerakan terlebih dulu, langkah tersebut bisa dikerjakan dengan tempat tidur. Diluar itu, Anda dapat juga mengusap-usap punggungnya dengan menempatkan bayi diatas ke-2 paha Anda dengan tempat perut menghadap ke bawah atau telungkup.

Anda dapat juga menghindar timbulnya perut kembung pada bayi. Langkahnya, sesudah bayi minum susu, gendonglah bayi dengan tempat tegak supaya susu bisa dengan perlahan-lahan serta lancar masuk kedalam perut hingga tidak menyebabkan problem perut.

Diluar itu, susui bayi Anda sebelumnya dia terasa lapar. Hal semacam ini dapat meminimalisir peluang perut kembung pada bayi karena masuk angin.

Perut kembung pada bayi dapat juga jadi tanda ada problem pencernaan yang serius, oleh karenanya bila bayi makin rewel, susah untuk buang air besar, muntah, atau bahkan juga demam, baiknya Anda segera menghubungi dokter.

Penyebabnya Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi bisa dikarenakan oleh banyak hal. Di bawah ini yaitu sebagian penyebabnya perut kembung pada bayi yang butuh Anda kenali.

  1. Makanan yang dikonsumsi ibu. Penyebabnya perut kembung pada bayi yang masih tetap meminum ASI, dapat dikarenakan oleh makanan yang dikonsumsi sang ibu. Jadi, Anda butuh lebih memperhatikan makanan yang Anda mengkonsumsi. Baiknya kurangi atau jauhi makanan yang juga akan membuat gas sesudah diolah seperti kubis, kembang kol, brokoli, bawang atau kacang.
  2. Makanan yang dikonsumsi bayi. Bila bayi sudah berumur 6 bln. serta telah mulai makan, Anda butuh memperhatikan makanannya. Sayuran memanglah bagus untuk bayi, namun tidak semuanya sayuran dapat dikonsumsi dengan berlebihan. Umpamanya brokoli. Walau sehat, bila dikonsumsi dengan berlebihan, sayuran ini bisa buat perut si kecil kembung.
  3. Minuman terkecuali ASI. Cukup minum air memanglah baik untuk badan karna bisa menolong bayi buang kotorannya. Namun beda perihal bila pada bayi berumur kurang dari 6 bln.. Mereka masih tetap belum juga diijinkan untuk minum air terkecuali ASI atau susu formula karna bisa tingkatkan kesusahan untuk buang gas dari perutnya. Begitu halnya juice, juice bisa buat bayi alami diare, sakit perut serta gas berlebihan karna kesusahan dalam mengolah kandungan gula buah yang ada dalam juice.
  4. Dot bayi. Bila bayi Anda meminum susu formula dari botol, baiknya Anda lebih jeli dalam pilih dot yang cocok. Ujung dot yang sangat kecil atau sangat besar bisa buat semakin banyak udara masuk kedalam perut bayi saat tengah minum susu serta bisa menyebabkan problem perut seperti kembung, maupun sakit perut.

Anda tidaklah perlu cemas bila bayi Anda rewel serta sisi perutnya merasa keras karna kembung. Cukup kerjakan cara-cara yang bisa menghindar timbulnya perut kembung pada bayi. Tetapi bila bayi Anda begitu rewel serta susah untuk ditenangkan, dan tunjukkan tanda beda, sebaiknya Anda tanyakan hal semacam ini pada dokter Anda.